STANDAR KEBIDANAN 5,6,7,8

Standar V : Kebijakan dan Prosedur
Ø  Pengelolah pelayanan kebidanan memiliki kebijakan dan prosedur dalam penyelenggaraan pelayanan dan pembinaan personil menuju pelayanan yang berkualitas.
Ø  Defenisi operasional ;
a)      Ada kebijaksanaan tertulis tentang prosedur pelayanan dan standar pelayanan yang disahkan oleh  pimpinan.
b)      Ada prosedur personalia; penerimaan pegawai kontrak kerja, hak dan kewajiban personalia.
c)      Ada personalia pengajuan cuti personil,istirahat’sakit dan lain-lain.
d)     Ada prosedur pembinaan personal.

Standar VI ; pengembangan staf dan program pendidikan.
Ø  Pengelola pelayanan kebidanan memiliki program pengembangan staf dan perencanaan pendidikan, sesuai dengan kebutuhan pelayanan.
Ø   Defenisi operasional;
a)      Ada program pembinaan staf dan program pendidikan secara berkesinambungan
b)      Ada program pelatihan dan orientasi bagi tenaga bidan atau personil baru dan lama agar dapat beradaptasi dengan pekerjaan.
c)      Ada data hasil identifikasi kebutuhan pelatihan dan evaluasi hasil pelatihan.

Standar VII; standar asuhan
Ø  Pengelola palayanan kebidana memiliki standar asuhan atau manajemen kebidanan yang ditetapkan sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan kepada pasien.
Ø  Defenisi operasional:
a)      Ada standar manajemen kebidanan (SMK) sebagai pedoman dsalam memberikan pelayanan kebidanan.
b)      Ada format manajemen kebidanan yang terdaftar pada catatan medis.
c)      Ada pengkajian asuhan kebidanan bagi setiap klien.
d)     Ada diagnosa kebidanan.
e)      Ada rencana asuhan kebidanan.
f)       Ada dokumen tertulis tentang tindakan kebidanan .
g)      Ada evaluasi dalam memberikan asuhan kebidanan
h)      Ada dokumentasi untuk kegiatan manajemen kebidanan.
 
Standar VIII: Evaluasi dan pengendalian mutu
Ø  Pengelola pelayanan kebidanan memiliki program dan pelaksanaan dalam evaluasi dan pengendalian mutu pelayanan kebidanan yang dilaksanakan secara berkesinambungan
Ø  Defenisi operasional:
a)      Ada program sebagai atau rencana tertulis peningkatan mutu pelayanan kebidanan
b)      Ada program atau rencana tertilis untuk melakukan penilaian terhadap standar asuha kebidanan.
c)      Ada bukti tertulis dari risalah rapat sebagai hasil dari kegiatan pengendalian mutu asuahan dan pelayanan kebidanan
d)     Ada bukti tertulis tentang pelaksanaan evaluasi pelayanan dsan rencana tindak lanjut
e)      Ada laporan hasil evaluasi yang dipublikasikan secara teratur kepada semua staf pelayanan kebidanan 


Komentar

Postingan Populer